Kabupaten Asahan

Perjalanan Sultan Aceh “Sultan Iskandar Muda” ke Johor dan Malaka pada tahun 1612 dapat dikatakan sebagai awal dari Sejarah Asahan. Dalam perjalanan tersebut, rombongan Sultan Iskandar Muda beristirahat di kawasan sebuah hulu sungai, yang kemudian dinamakan ASAHAN. Perjalanan dilanjutkan ke sebuah “Tanjung” yang merupakan pertemuan antara sungai Asahan dengan sungai Silau, kemudian bertemu dengan Raja Simargolang. Di tempat itu juga, Sultan Iskandar Muda mendirikan sebuah pelataran sebagai “Balai” untuk tempat menghadap, yang kemudian berkembang menjadi perkampungan.

Perkembangan daerah ini cukup pesat sebagai pusat pertemuan perdagangan dari Aceh dan Malaka, sekarang ini dikenal dengan “Tanjung Balai”. Dari hasil perkawinan Sultan Iskandar Muda dengan salah seorang puteri Raja Simargolang lahirlah seorang putera yang bernama Abdul Jalil yang menjadi cikal bakal dari kesultanan Asahan. Abdul Jalil dinobatkan menjadi Sultan Asahan I. Pemerintahan kesultanan Asahan dimulai tahun 1630 yaitu sejak dilantiknya Sultan Asahan yang I s.d. XI. Selain itu di daerah Asahan, pemerintahan juga dilaksanakan oleh datuk-datuk di Wilayah Batu Bara dan ada kemungkinan kerajaan-kerajaan kecil lainnya. Tanggal 22 September 1865, kesultanan Asahan berhasil dikuasai Belanda. Sejak itu, kekuasaan pemerintahan dipegang oleh Belanda. Kekuasaan pemerintahan Belanda di Asahan/Tanjung Balai dipimpin oleh seorang Kontroler, yang diperkuat dengan Gouverments Besluit tanggal 30 September 1867, Nomor 2 tentang pembentukan Afdeling Asahan yang berkedudukan di Tanjung Balai dan pembagian wilayah pemerintahan dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu: Onder Afdeling Batu Bara, Onder Afdeling Asahan, Onder Afdeling Labuhan Batu.

 

AIR TERJUN UNONG SISAPA

Objek wisata air terjun Unong Sisapa terletak di wilayah perbukitan Dusun Aek Silabat, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge ± 60 km sebelah Baratdaya kota Kisaran. Lokasi wisata alam Unong Sisapa dapat ditempuh ± 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor sampai ke Dusun Aek Silabat. Di sekitar air terjun masih terdapat hutan dengan aneka ragam flora dan fauna.

 

AIR TERJUN SIMONANG-MONANG

Obyek wisata air terjun Simonang-monang terletak di wilayah perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau ± 50 km sebelah Baratdaya kota Kisaran, atau lebih kurang ± 1,5 jam ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Obyek wisata ini dikunjungi wisatawan lokal, dan sampai saat ini belum dikelola secara baik.

 

HULU SUNGAI ASAHAN

Hulu Sungai Asahan melewati Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan. Kondisi alur sungai yang dipenuhi dengan batu-batuan ditambah aliran sungai yang sangat deras. Derasnya arus air sungai Asahan yang berkecepatan 120 meter kubik per detiknya dengan grade IV – V+ sangat menantang jiwa para petualang. Hulu sungai ini dijadikan tempat penyelenggaraan event nasional dan internasional arung jeram yang dikenal dengan “ASAHAN WHITEWATER FESTIVAL”.

 

 

Sumber : Buku Informasi Pariwisata Nusantara Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia

(The Author)

Dari Kampung Badran, Desa Tuguharum / Tulus Ayu nama kecil ATOK, Karmiyati Karuk (Atik) dan Sutrisno Karuk (Enjon) adik kandung, Uwieyati Risakotta, Hero Hermiya Risakotta (kakak sekandung) Nama Orang Tua Karsono – Ummi Kalsum, Pegawai Puskesmas Gumawang, Belitang, Lahir di Baturaja 16 Oktober 1962, Muslim, SDN 2, Gumawang Belitang 1976 (diangkat anak oleh Mbah Kasan Tulus Ayu), SMP Xavirius Gumawang Kls 2 DO, Tamat di SMPN Kurungan Nyawa, Buay Madang, OKU, Sum-Sel 1981 (diangkat anak oleh Kapten Inf. H. Usman Emmah Komandan Koramil Buay Madang), Lulus Sekolah Cata Polri, Pusdik Reserse, Megamendung, Cipayung, Bogor Jawa Barat 1982 (diangkat anak oleh Letnan Satu Polisi Soetomo). Jl. Raya Bekasi Timur KM. 18, No. 24, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur (13250), SMS 08158080403, alamat Email : info@mkaruk.com, mujiarto_karuk@yahoo.com, FB : http://www.facebook.com/mujiarto.karuk, FP : http://www.facebook.com/pages/Mujiarto-Karuk/162296210591013 Bekerja sebagai Anggota Polri, Alumni Pusdik Reserse Mega Mendung Cipayung Bogor Tahun 1982, Sejak Tahun 2004 s/d sekarang diamanahi menjadi admin : 1. http://metro.polri.go.id (Juli 2004) 2. http://humas.metro.polri.go.id (Oktober 2011) 3. http://poldametrojaya.info (September 2011) 4.http://www.facebook.com/pages/Humas-PoLda-Metro-Jaya/116098008414520?ref=hl (September 2011)

View all articles by
Website : http://mkaruk.com
Social Links: →

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.